Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Ke Sam Poo Kong

Penulis Raden Wira

Mengenal lebih dekat Sam Poo Kong

{tocify} $title={Table of Contents}

Apakah kalian pernah mendengar nama Cheng Ho? Benar sekali dia adalah seorang laksamana islam yang berasal dari Tingkok dimana dia pernah berlabuh ke nusantara. Salah satu jejaknya adalah di Jawa Tengah lokasi tepatnya ada di daerah semarang. Sekarang bangunan tersebut dikenal dengan Sam Poo Kong.

Salah satu nama lain dari Sam Poo Kong adalah Gedung Batu. Karena arsitekturnya berbentuk bagaikan sebuah Gua Batu besar yang terletak di bukit batu daerah simongan, sebelah barat daya Kota Semarang.

Bangunan ini berwarna merah. Bangunan ini juga di hiasi dengan lampion yang berwarna merah dan juga dihiasi dengan pepohonan menuju pintu masuk. Arsitektur bangunan ini bernuansa Tionghoa. Saat kalian melihatnya maka akan terasa karya seni yang unik.

Oleh sebab itu, bila kalian ke Semarang, sangat lah rugi bila belum mengunjungi tempat wisata ini. Namun yang perlu diperhatikan bahwasannya bangunan ini merupakan tempat ibadah. Jadi kalian jangan melakukan sesuatu yang sembarangan. Kalian harus tetap bersikap sopan dan menjaga etika.

Penasaran bukan apa saja yang ada di Sam Poo Kong ini? Baiklah disini kami akan memberikan banyak hal terkait Sam Poo Kong.

Bangunan ini merupakan tempat ibadahnya para pemeluk Tridharma. Lokasi ini dahulu kala tempat berteduh Laksamana Cheng Ho saat terpaksa berlabuh pada tahun 1416. Ini dikarenakan nahkoda kapal yakni Ong Kena Hong terkena sakit parah. Saat berlabuh, Cheng Ho dan para awak kapal sempat merawatnya.

Namun, Laksamana terpaksa harus meninggalkanya. Baiknya, kondisi dari Ong Keng Hong semakin membaik karena dirawat oleh awak kapal yang menetap dengan warga Bukit Simongan.

Cheng Hi disini memiliki kesan yang bijaksana serta berani. Dalam merespon hal tersebut warga memberikan symbol penghormatan terhadap Cheng Ho. Yakni di buatnya Klenteng Sam Poo Kong.

Lokasi Klenteng Sam Poo Kong

Lokasi dari Sam Poo Kong adalah terletak di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148.

Rute Menuju ke Lokasi

Untuk dapat menuju wisata Sam Poo Kong ini sangatlah mudah. Dari arah Simpang Lima Semarang, kalian ambil kearah Jalan Pahlawan. Kemudian ke perempatan depan Polda Jawa Tengah.

Setelah itu, menuju Jalan Veteran ke RSUP Dr. Kariadi. Dari situ kalian belok kekiri . Klenteng Sam Poo Kong terletak di sebelah kiri jalan setelah jembatan.

Tiket Masuk

  • Dewasa Rp. 10.000 pada hari kerja dan Rp. 15.000 pada hari libur
  • Anak-anak Rp. 5.000 pada hari kerja dan Rp. 10.000 pada hari libur 

Jam Buka

Kelenteng Sam Poo Kong akan dibuka saat jam 06.00 – 23.00. kami sarankan untuk mengambil jam pagi hari. Sebab kalian akan melihat keindahan klenteng ini secara maksimal.

Fasilitas

Tempat wisara ini memberikan fasilitas yang cukup lengkap. Diantaranya adalah dari spot foto, toilet, pusat informasi, area parkir sampai mushalla.

Sayangnya tempat ini tidak memfasilitasi rumah makan dan penginapan. Karena memang ini adalah tempat ibadah. Jika ingin menginap bisa mencari penginapan yang dekat dengan lokasi klenteng.

Daya Tarik Sam Poo Kong

Walaupun lokasi ini adalah tempat ibadah, yang identic dengan hal-hal spiritual, kamu dapat mengunjungi tempat ini sebagai wisatawan yang akan mendapatkan pemandangan yang indah dan fakta-fakta unik dari wisata ini.

Disini kami akan memberi tahu apa saja yang menarik buat Klenteng Sam Poo Kong ini.

Berfoto di Spot Unik

Tentu jika kalian mengunjungi suatu lokasi kalian pasti ingin mengabadikan momen tersebut lewat foto. Disini kalian akan mendapatkan spot foto yang sangat beragam serta unik yang membuat foto kalian semakin enak dipandang. 

Klenteng Kyai Juru Mudi

Dalam menghormati Kyai Juru Mudi, disini dibuatkan makam khusus juru mudi kapal yang telah ditumpangi oleh Laksamana Cheng Ho. Dia diberikan penghargaan karena jasanya atas perjalanan Laksamana Cheng Ho dan membangun klengteng ini.

Klenten ini merupakan satu-satunya klenteng yang terdapat makamnya. Kalian dapt berdoa didalam ruangan maupun diluar dekat makam tersebut. Lokasi klenteng ini berada di sebelah klenteng Tho The Kong.

Tempat Pemujaan Kyai Jangkar

Selain itu disini juga ada tempat pemujaan lainnya. Dinamakan dengan Kyai Jangkar. Perlu diperhatikan bahwasannya Kyai Jangkar ini bukan nama orang tapi dia adalah sebuah Jangkar. Disini terdapat jangkar asli dari Kapal Cheng Ho yang di hiasi dengan kain yang berwarna merah.

Tempat Pemujaan Kyai Candrik Bumi

Ada juga tempat yang namanya pemujaan Kyai Cunfrik Bumi. Dahulu tempat ini merupakan lokasi penyimpanan senjata. Senjata yang digunakan oeh anak buahnya Laksamana Cheng Ho.

Pohon Rantai

Ketika kalian mengunjungi klenteng ini, cobakalian mendongak ke atas. Kalian bakalan lihat keunikan pohon yang satu ini. Bentuk dahannya seperti rantai atau tambang kapal. Kalian mungkin tidak akan menemukan fenomena alam unik seperti ini di tempat lain.

Saat kalian berkunjung ke Klenteng ini. Cobalah untuk menghadap atas maka kalian akan mendapatkan pemandangan yang unik. Yaitu berupa pohon yang dahannya seperti rantai atau tambang kapal. Hal ini mungkin fenomena alam yang ada di tempat ini dan tidak ditemukan ditempat lain.

Tempat Pemujaan Kyai dan Nyai Tumpeng

Selanjutnya ada tempat pemujaan dari Kyai dan Nyai Tumpeng. Dahulu ini digunakan sebagai tempat penyimpanan ketersediaan bahan makanan.

Perlu diperhatikan semua tempat yang kami sebutkan diatas tidaklah semuanya dapat digunakan berfoto semaunya. Namun Sebagian besar merupakan tempat ibadah yang sakaral dan dijaga ketat.

Maka tetap lihat rambu-rambu aturan yang terdapat di Klenteng ini. Karena pembangunan dari klenteng ini adalah untuk tempat beribadah.

Menyewa Baju Adat Tiongkok


Jika ingin merasakan memakai baju khas Tiongkok tentu saja kalian bisa menyewa di tempat ini. Disini pengelola telah menyiapkan fsilitas baju khas Tingkok untuk para wisatawan.

Saat kalian ingin melakukan sesi foto dengan menggunakan baju khas Tingkok kalian harus memperhatikan tempat berfotonya. Jangan smpai kalian melewati tempat yang tidak boleh untuk berfoto. Perlu di ingat, tempat ini merupakan tempat ibadah dimana kalian harus mentaati dan menghormati aturan yang ada disana.

Untuk menyewa dari baju tersebut, kalian hanya perlu mengeluarkan modal sebesar 100.000. waktu pemakaiannya tidak dibatasi, semau keinginan dari penyewa.

Tidak membawa fotografer? Pengelola telah menyediakan jasa fotografer yang cukup terjangkau.

Melihat Goa Batu

Inti dari wisata disini adalah Goa Batu. Dapat dipercayai bahwasanya sebagai lokasi pertama Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya mendarat di Pulau Jawa.

Gua ini pernah tertutup tanah akibat dari longsor pada tahun 1700an, kemudian di bangun lagi oleh warga sekitar sebagai penghormatan kepada Laksamana Cheng Ho.

Didalam Goa tersebut, ada patung Cheng Ho yang berlapis emas. Ruangan disini digunakan untuk peribadatan memohon Kesehatan, rejeki dan keselamatan. Dindingnya di hiasi dengan relief perjalanan Cheng Ho ke Jawa.

Klenteng Dewa Bumi

Klenteng Dewa Bumi merupakan sala satu klenteng di sam Poo Kong. Klenteng ini sering dipakai untuk beribadah dan berdoa kepada Tian (Tuhan/Langit). Kemudian juga kepada Tei yang bermakna Dewa Bumi. Sedangkan Hok Tek Ceng sebagai dewa berkah dan rejeki.

Setiap tanggal 15 bulan ke 8 dari kalender Tionghoa pasti akan diadakan perayaan sebagai hari ucapan terima kasih untuk Hok Tek Ceng Sin. Para umat akan memberi kue rembulan sebagai rasa syukur atas hasil panen yang banyak serta rejeki sepanjang tahun lalu.

Hotel Dekat Klenteng Sam Poo Kong

  • Top Residence Semarang (0,5 km/ 6 Menit)
  • Mister stay (0,6 km/ 9 Menit)
  • New Mira Hotel (1,7 km/ 7 menit)
  • Oyo 2782 Puspa Residence (1,1 km/ 10 menit)

Posting Komentar untuk "Wisata Ke Sam Poo Kong "

10 Tempat Wisata Semarang Yang Wajib Banget Kalian Datangi, Kalau Tidak Akan Menyesal Sekali
Kayangan Tebing Alfath Semarang : HTM, Jam Buka dan Daya Tarik
Gubug Serut Semarang: HTM, Jam Buka, dan Daya Tarik